Senin, 15 Agustus 2016

PART II

Saya jalani kehidupan perkuliahan layaknya orang biasa. Saya cukup menikmati kuliah di sini. Walau ada beberapa kultur atau apa ya kebiasaan yang tidak saya sukai di sini. Nampaknya orang tua saya sudah mulai ikhlas saya di sini.

Semester I berakhir dan tidak seperti saya ekspektasikan hasilnya wkwk. Saya mencoba meninggikan standar kembali seperti saya SD SMP ternyata hasilnya juga tidak memuaskan saya. Jujur saya malu dengan diri saya sendiri. Dan lagi lagi malu dengan orang tua saya. Saya tidak berhasil maksimal. Saya masih belum bisa memberi hadiah pengganti kesedihan orang tua saya yang ingin anaknya jadi dokter. Tapi lagi lagi. Saya menutup telinga dan hati saya. Saya sengaja.

Libur semester I dan isu FK Unpad gratis berhembus kencang. Di situ saya merasa orang tua saya mulai mencoba menarik-narik saya untuk ikut SBMPTN. Ya tebak reaksi saya apa? SBMPTN sesuatu saya hindari lah malah disuruh ikutan. Tentu saya nolak. Saya selalu punya cara melempar pernyataan. Saya ngerasa yakali ya FK gratis kaya gamungkin. Gosip doang kali dan berbagai alibi2 jitu lainnya.

Dan... ternyata benar-benar diresmikan. Saya kaget. Saya benar-benar mengingat bagaimana orang tua saya meminta saya atau bahkan bisa dikata memohon-mohon dengan nada tinggi. Istilahnya ¾ memaksa. Ya saya berantem malam itu. Saya sedih sekali tapi enggak marah. Intinya saya kalah argumen di situ. Sampai shock banget langsung dibeliin buku SBMPTN like what......

Besoknya saya cuma bisa nangisin buku itu.

Besoknya juga.

Dengan separuh hati saya buka juga buku itu trus saya kerjakan. Sempet enjoy, tapi biologinya doang. Gak bertahan lama akhirnya saya nyerah. Karena saya pikir ini sia sia.

Masa-masa itu adalah masa-masa terberat bagi saya. Kaya ditekan sana sini padahal itu cuma sugesti dalam diri. Diri saya serasa sensitif mendengar atau melihat hal-hal yang berbau kedokteran rasanya pengen kabur aja. Lihat anak FK seliweran di depan saya aja atau lagi ngomongin kasus saya ngerasa terganggu padahal mereka gak ngapa ngapain saya.

Ditambah lagi tugas presentasi kelompok benar2 membuat saya jengah. Bukan soal tugasnya tapi lingkungannya. Saya sering harus menanggung porsi tersulit dalam presentasi. Ngerti gak? Atau tugas kelompok yang gak bakal jalan kalo gak ada pioneer aaaaaa bikin pusing dan kesel sendiri. Seperti tidak ada yang bisa saya percayakan. Walau gak semuanya banget kaya gitu.

Di sisi lain, kalau milih SBM juga yakali saya bisa ngejar ketertinggalan materi which is saya gak belajar sama sekali ilmu alam dasar kaya anak2 teknik semacam kimdas, fisdas, atau matdas di semester ini. Bisa kimia organik dan biologi jaaaaauh dari kata cukup.


Saya benar-benar kesal, marah, dan putus asa.


Ibarat bola mati antara SBM atau farmasi gak ada yang saya pilih. Saya berfikir kalo kuliah di farmasi buang-buang waktu karena orang tua saya gak suka saya di sini. Untuk apa saya tetap di sini. Untuk apa saya berjuang. Apa yang sebenarnya saya kejar. Apa yg saya cari. Apa. Apa.
Saya tidak tahu.
Semua kaya sia-sia.

Sampai sedesperate itu. Padahal mungkin maksud orang tua saya gak gitu kaliya, tapi saya sudah terlanjur membuat asumsi. Pertanyaan itu selalu hadir mewarnai hari saya. Saya semacam kehilangan nyawa belajar. Saya sampai tidak mau pulang dengan alasan tidak ingin melihat kedua orang tua saya. Lebih tepatnya wajah kekecewaan mereka.

Dan rasanya menanggung semuanya sendiri...... sangat berat. Bukan karena gaada teman curhat atau apa, tp saya memilih diam. Sesuatu yg sangat bukan saya.

Rasanya kaya gini


Kek orang gila di kosan. Ritual tiap malam : menangis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar